Monday, August 18, 2014

"Mbah Imam"

Assalamualaikum dunia maya...^^

Huaahhh udah lama banget gak singgah di tempat ini. Keasyikan di dunia nyata sih hehehe. Setelah sekian lama gak posting sesuatu di blog, akhirnya hari ini pengen banget nulis sesuatu. Sebenarnya sih udah pengen nulis dari bulan lalu tapi gak sempet-sempet.
Ok, bismillah mari dimulai dengan perkenalan "Mbah Imam" tokoh bukan fiktif yg aku jadikan judul hari ini. Mbah Imam memang bukan nama aslinya tapi karena sudah lama jadi Imam makanya dipanggil Mbah Imam :D. Yup, beliau adalah imam di masjid dekat rumah yg biasa kami jadikan tempat untuk beribadah memuja kebesaranNya. Mbah Imam ini sudah tinggal dan menjadi Imam sejak Masjid pertama kali didirikan. Masjid At Taqwa namanya. Suara beliau begitu khas, sampai - sampai saat puasa tiba salah satu yg dinanti adalah merasakan khidmatnya di Imam-i oleh beliau.
Tak terasa usianya pun semakin menua. Bukan hanya sebagai imam tapi beliau juga ikut menjadi penjaga masjid. Beliau tinggal bersama istrinya merawat masjid. Sampai akhirnya istri beliau di panggil oleh Sang Khalik. Beliau tidak memiliki anak kandung, tapi memiliki anak angkat yg rumahnya cukup jauh dari masjid. Jadi ya cukup jarang juga berkumpul bersama beliau. Yg tadinya selalu berdua, sekarang Mbah Imam tinggal sendirian. Tugasnya sebagai Imam pun lambat laun mulai digantikan. Sedih rasanya ketika sudah jarang mendengar merdunya suara beliau. Bahkan sekarang sudah tak pernah lagi mendengarnya :(
Cerita mengharukan dimulai awal Ramadlan kemarin, saat diadakan rapat takmir masjid yg kebetulan Bapak salah satu anggotanya. Dari situ bapak cerita bahwa takmir masjid sudah memutuskan untuk mengkontrakan rumah untuk Mbah Imam di deket cucunya didaerah Cerme, Gresik. Takmir masjid bermaksud memindahkan beliau agar bisa berdekatan dengan cucu nya & agar ada yg mengurus. Maklum setelah ditinggal istrinya beliau tidak ada yg mengurus disini. Cucunya hanya datang mengunjungi itupun seminggu sekali. Sebenarnya mbah Imam menolak untuk dipindah. Didalam hati beliau ingin rasanya mati di masjid ini. Masjid yg sudah diurusnya dari sejak pertama dibangun. Tapi apa daya beliau juga tahu diri bahwa usia nya yg sudah sangat lanjut & memang butuh perhatian juga supaya ada yg mengurus.
Pada siang itu, menurut cerita bapak saat rapat berlangsung Mbah Imam hanya menunduk saja sambil merangkul kakinya. Pandangan jauh ditutupi didalam rangkulan kakinya itu. :(( *tak terasa air mata menetes saat bapak bercerita tentang hal itu.
"Mbah Imam, habis lebaran nanti kita kontrakan rumah yah buat Mbah. Deket cucunya mbah biar ada yg mengurus sampean mbah nantinya" kata pengurus masjid.
"Iya" jawab singkat mbah imam sambil tertunduk lemas.
"Nanti bakal sering saya jengukin koq mbah" kata bapak menghibur. Bapak & mbah Imam memang akrab sekali. Bahkan bapak pun semangat sekali saat mengungkapkan niatnya didepan kami anaknya untuk sering menenggok Mbah Imam meski jarak nya sangat jauh dari rumah kami.
Yah cukup mengerti maksud baik ta'mir masjid sih. Mungkin juga sudah dipikirkan matang - matang bersama keluarga mbah Imam. Tapi sedih juga sih...seakan - akan dibuang meski tak seperti itu. 
Kemarin tepatnya 17 Agustus 2014 adalah hari dimana mbah Imam pindah ke rumah yg baru. Pagi - pagi beliau sudah nampak rapi dan bergegas untuk pergi sambil membawa sedikit uang digenggaman tangannya.
"Mau kemana mbah?" kata bapak.
"Mau ke RT mau ngurus surat - surat" jawab beliau.
"Ya ampun mbah ga usah mikirin itu. Itu urusan kami. Pokoknya mbah tahu beres aja ya." terang takmir masjid.
"Oh, ya sudah kalo begitu" jawab beliau pelan.
Jam 08.00 rombongan takmir masjid termasuk bapak & ibu ikut mengantar beliau ke Cerme, Gresik. Perjalanan kurang lebih satu jam dari Surabaya.
Saat sampai di rumah hari tua nya, beliau berkata  :
"Aku sudah mau mati ini aja koq jauh - jauh dibawa kesini"
"Disini juga sama koq mbah, masih bumi Allah juga" jawab bapak.
:((((
*Satu pelajaran berharga. Bahwa cinta itu tak selalu harus memiliki. Karena yg ada diatas bumi ini milik Allah, semua hanya titipanNya saja :')*
Mungkin mbah Imam masih belum sepenuhnya ikhlas untuk pindah meski rumah yg sekarang jauh lebih baik dari sebelumnya. Mungkin mbah Imam ingin meninggal di masjid seperti istrinya. Aku mengerti perasaan beliau. Mengerti banget. Kelak jika kita masih diberi umur sampai hari tua, kita akan kembali seperti bayi. Gigi mulai memghilang, jalan mulai melambat, mulai mengompol (maaf), tak bisa buang "hajat" sendiri karena badan tak sekuat dulu, susah untuk mengingat dsb. Saat seperti itu "Akankah masih ada yg setia mengurusku ya Allah?" dan "Akan seperti apakah aku nanti jika tua?". Banyak pertanyaan yg menyergap dihati. Wallahu’alam bissawab. Pertanyaan yg hanya bisa dijawab oleh Allah sang pemilik alam semesta ini. Saat ini ingin sekali bisa diberi kesehatan agar bisa mengurus bapak & ibu dirumah yg pun sudah mulai menua *tetiba ingin segera pulang dan memeluk bapak ibu dirumah :')
Ramadlan 1435 H adalah kali terakhir aku bisa melihat beliau sholat & beribadah di Masjid At Taqwa. Mudah-mudahan hamba masih diberi umur begitupun Mbah Imam supaya kami masih terus bisa bersilahturahmi di rumah barunya di Cerme. Aamiin Ya Mujibas sa-ilin.

Wassalamua alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment