Friday, January 25, 2013

#saveKBS

Assalamualaikum Wr Wb,


Barakallahu fiikum everyone :). Alhamdulillah masih diberi umur & kesehatan sehingga bisa melakukan banyak aktivitas hari ini. Beberapa hari kemarin kebetulan abis di lobi sama mba tercinta supaya hari ini berkenan ( cie bahasanya :p ) mengantar keponakan untuk kegiatan belajar diluar kelas. Kebetulan tempat yang dituju adalah ---> Kebun Binatang Surabaya. Yakin nih? ga ada tempat yang lain yang lebih bagus pikirku, tapi setelah dilist lagi wisata alam di kota Surabaya...ya emang minim apalagi yang bener2 di pusat kota. Kebanyakan bangun mall kalo kataku sih. Meski sudah banyak ruang terbuka hijau tapi ya begitu - begitu saja menurutuku, membosankan & kurang edukatif. Kalau mau yang lebih bagus memang harus keluar kota ex : Malang . Hmmm....tadinya agak berpikir lama karena sudah lama sekali gak pernah ke KBS. Terakhir kalo gak salah tahun 2003 dan itupun kondisinya sudah cukup membuatku mengelus dada. Karena pada saat berkunjung tahun 2003 itu KBS sudah mulai sepi, kurang perawatan, banyak hewan yang mati dan malah disana ketemu sejoli - sejoli yang memadu kasih disemak - semak #eh :D ( tapi ini fakta, temen2 SMA ku saksinya ). Beda sekali kondisinya pada tahun 90an dimana saat itu KBS lagi jaya - jayanya. Entah berapa kali aku pernah ke KBS waktu kecil tapi yang paling ku ingat itu tahun 1994. Kebetulan keluargaku masih tinggal di Ambon & sedang liburan di Surabaya. Waktu itu suasana KBS meriah sekali, binatang masih banyak & bervariasi, pengunjung ramai sampai harus antri, dan ada beberapa wahana yang diharuskan membayar lagi didalam. Rasanya keren banget dulu udah pernah masuk BonBin ( KBS ). Okay itu tadi live report KBS dari tahun 1994 & 2003. Mari sekarang menyimak live report tahun 2013 ( baru sadar kalo ke KBS tiap sepuluh tahunan...hehehehe ).

 
Inilah simbol Surabaya yang sudah terkenal di seantero nusantara. Ikon Suro & Boyo yang menyambut kita di pintu depan KBS.
Tapi kemudian pandangan terusik oleh papan ini & gak ngerti maksudnya :p
Mari kita skip saja :D.

Sebelum masuk pastinya harus beli tiket dulu, nah ini dia loketnya. Sudah duduk manis si mbak nya & siap  menyambut pengunjung :). Untuk harga tiket seperti terlihat Rp. 15.000. Gak tertulis jelas juga apa HTM ini juga berlaku untuk hari libur. Tapi yang cukup menarik perhatian adalah tulisan pemberitahuan yang cukup besar disebelahnya. Berikut gambarnya :


 
Sudah dibacakah? hehehehehe..pengen ketawa tapi no komen lah. Hari gini masih ada aja yang pengen gratisan, oooppsss....maaf :D.


Setelah selesai bayar HTM pastinya dapat tiket, tiketnya bukan karcis biasa tapi gelang bergambar komodo seperti diatas. Kalo rombongan gelangnya warna biru, kalo perorangan sepertinya beda warna. Tapi gak merhatiin juga sih :p


Okay lanjut..ini dia pintu masuknya. Yeaaayyyy ada hiasannya diatas. Padahal kalo menurutku bagusan hiasan alami dari tanaman merambat. Yah gak apalah, mungkin supaya menarik anak kecil.


Setelah melalui pintu tadi pengunjung akan melihat peta lokasi KBS. Gambarnya menarik sekali yah..coba gambar & kenyataanya sesuai :(. Sponsor dibawahnya ganggu banget, tapi lagi - lagi dimaklumi mungkin si pengiklan ikut membantu KBS ( positive thinking :). 

 
Begitu masuk langsung disambut teriakan - teriakan dari hewan yang sangat "membahana". Ternyata suaranya berasal dari SIAMANG. Serasa bukan lagi di Surabaya, kaya lagi di tengah hutan :D.

Ini dia SIAMANG nya..keliatan gak? maklum cuma bawa kamera pocket jadi ala kadarnya :p. Pokoknya dia lagi bergelantungan dipohon & berwarna hitam. Ayo coba dicari dimana hayooo..???


Selanjutnya ada patung di dekat taman SIAMANG tadi. Ga seberapa jelas karena tulisannya juga sudah pudar. Tapi kalau ga salah tulisannya ( CMIIW ) :
PAHLAWANKU
Alammu Cintamu Melebihi Dirimu
~Hilmi Achmad Oesman~

Okay next stop is Merak Hijau. Sayang sekali pas meraknya gak mau mengepakkan bulunya yang indah nian itu. Tapi koq rasanya bulunya emang agak rontok ya..hehehehe..semoga penglihatanku aja yang salah.


Disebelah kandang merak ada pohon ini. Sayang sekali gak ada tulisan yang menerangkan tumbuhan ini. Tapi sumpah keren banget. Kaya buah sawo tapi versi gede. Sang pemandu pun cuma menjelaskan binatang saja, tumbuhannya gak ( ya iyalah namanya aja Kebun Binatang bukan Kebun Botani *sigh ).


Lanjut lagi..kali ini ada burung. Ga tau apa namanya aku lupa. Tapi ibu2 & anak2 kecil itu bilang ini Angry Birds ...deeehhhhh -.-


Berikutnya ada kandang namanya DILARANG MELOMPAT PAGAR ( binatang apa coba namanya koq gitu 0_o ). Eh salah kirain info tentang nama hewan ternyata papan peringatan. Hlo tapi hewannya mana ya? Hmmm...kandang kosong #1. Yang dulu pernah kesini ayo tebak kandang ini dulu miliknya siapa??


Markitlan...mari kita lanjut. Ini ada hewan bukan asli Indo alias Onta. Lumayan banyak ontanya & pengunjung juga diberi kesempatan untuk memberi makan. Tapi tentunya ga boleh sembarangan. Makanan yang disediakan itu wortel. Mereka jinak koq...cuma baunya aja yang agak ganggu.


Eh ketemu bule lagi duduk- duduk santai. Cieee...BonBin rek pengunjungnya bule ama pale lhoooo...xixixixixi.


Lho..lho...lho...ketemu ada bule lagi. Cuma kalo dilihat koq pake seragam yah. Sama kaya yang lagi duduk - duduk tadi. Cuma kalo yang ini masih muda. Sambil ngecat pagar lagi. Wah..salut deh.


Agak penasaran sebenarnya ama tulisan dibelakang bajunya. Hmmm... Mormon Helping hands. The Church of Jesus Christ. Waduh no komen lagi ah....
Apa kabar anak muda Indonesia yak? terutama bonek, arek suroboyo apapun itu namanya. Untuk siapapun yang care ama KBS ayo donk beraksi kaya gini terutama Remas2 & Rohis jangan mau kalah, tapi saranku sih ga usah pake embel2 beginian segala. Tapi Lillahita'ala :)

Nah..ini dia loket masuk Aquarium. Dulu memang untuk masuk sini masih harus bayar lagi. Sekarang udah gak so biliknya pun dibiarkan tak terawat :(. Ada tulisan "Renovasi aquarium dibantu oleh PT. Pelindo III Surabaya".


Ini dia pintu masuk Aquarium...wah jadi ingat dahulu kala. Eh itu ada rombongan dari sekolahannya ponakanku yang lumayan bikin rame KBS hari itu :p.

Sebelah kiri pintu masuk Aquarium, pengunjung disuguhi panorama binatang melata. Kalo dilihat seksama kaca yg didalamnya berisi ular ini sepertinya pecah & agak ditembel ( kanan bawah ). Whooohhh..ga terbayang kalau bener2 pecah pasti jadinya kaya film Snake on a Plane X(


Dikaca sih tertulis ular sendok, tapi mana ularnya yaa??? kandang kosong #2.


Selain hewan melata, di bagian kiri pintu masuk Aquarium juga terdapat penyu hijau. Si penyu unyu - unyu ini pemalu ga mau menampakan dirinya. Hehehehe.


Okay lanjut masuk ke dalam Aquariumnya. Disebelah kanan ada ikan Air tawar. 

Seperti  inilah penampakannya. Agak sedikit suram. 


 Ooooppsss..nemu kandang kosong #3.


Ini salah satu ikan air tawar. Tapi ga tau namanya. Ga ada petunjuk namanya & pemandu pun tidak menjelaskan. *sigh


 Kalo yang satu ini pintu masuk Ikan Air Laut. Mari kita masuk kedalam.


Wadduuuhhhh...kacanya di perban :(. Kasihan ikannya pasti tersiksa banget didalam. Mana bertiga lagi..deehhhh. Kenapa ga berdua aja sih, kan lebih romatis <--- abaikan.

Okay kalo yang satu ini banyak ikannya. Jadi bingung ngeliatnya, tapi koq kaya yang biasa dilihat di tempat jual ikan hias ya...hmmm.


Nah...ini ikan bikin aku mewek banget. Udah kulitnya kaya gitu, diem dipojokan..adduuuhhhh T_T. Apa jangan2 sudah mati nih? tapi sayapnya masih berdiri @_@.


Ini pemandangan lantainya. Wow..keren banget dah. Serasa dilaut beneran karena ada airnya alias becek.


Ini pemandangan atapnya ???? mungkin supaya ada udara yang masuk kali yak :D ( positive thinking )

Tibalah di wahana selanjutnya yaitu DIORAMA. Sepertinya ini yang paling memprihatinkan. Untung saja binatang disini adalah binatang yang sudah mati & diawetkan.


 Lihat saja atap ini..deehhh....


 Ini salah satu diorama didalam.


Dan ini Nocturama di sebelah kanan yang tidak berfungsi lagi. Serem yak? kaya rumah hantu ...hiiiiiiiii....


Okay kita lanjut keluar. Ayo tebak binatang apa ini?? Taraaa...ini namanya Jaguar. Disitu sih tulisannya begitu. Tapi koq kaya .... *ngelus dada lagi. Kalo dibandingin ama mobil jaguar jauh ya..hehehehe...


Disebelah kiri jaguar ada beruang madu. Dia lagi malas2an dipojokan tuh.


Kalo disebelah kanan kandang jaguar tadi ada ini. Harimau Sumatra. Wow keren...tapi sayang kurus banget. Dia juga tampak mondar mandir kebingungan sambil meraung2 melihat para pengunjung KBS yang dagingnya cukup segar bagi dia. Apa ya yang kira2 ada dipikiran hewan2 ini ( jadi ingat Madagaskar 1 ).


Ini diaaaa....lebih sangar lagi ini. Mondar mandir sih gak. Tapi dia menghaaauuuuummmmm..... gak bayangin kalo sampai dia keluar. Btw baik2 ya disana Har..jaga kesehatan . Hiks.


Kita lanjut lagi, kali ini di tempat dokter hewannya. Ada si kecil Orang Utan. Namanya Damai. Bagus yah namanya. Semoga dia damai juga tinggal di KBS.

Hayooo..sapa yang mau naik gajah. Cukup bayar Rp. 10.000 lho. Gajah makan pun harus kerja apalagi kita. Hayo manusia jangan malas2an.


Ini salah satu gajahnya. Namanya Barokah Gonzales. xixixixixi..what a cute name. Katanya sih dia lahir pas Timnas yg ada Gonzales menang. Maka nya dinamain Gonzales.


Perkenalkan hewan terakhir yang kami lihat hari itu [ sebenarnya masih banyak hewan lain tapi aku skip, abis gak tega share gambarnya :( ]. Orang utan ini bisa dilihat wahana sirkus. Namanya panjang ampe ga hapal. Pokoknya ada indah sepanjang hari belakangnya. Hehehehe...tapi dia malas sekali & jangan sekali2 membawa makanan didepan dia. Dijamin diminta. Oia kalo pada belum tahu sekarang ada sirkus hewan lo di KBS. Ga tau harus seneng liatnya apa malah sedih. :|

Cukup sekian perjalanan ke KBS, ini foto ku bersama keponakanan. Kenalin yang pakai seragam orange namanya Aqiilah Jauza Izdihaar ( 4 tahun ) & yang cool pakai topi putih namanya Daffandra Ibnu Faeyza ( 8 bulan ). Untuk kedua anak kecil ini & mungkin anak - anak kecil yang lain butuh tempat seperti ini di Surabaya. Jangan biarkan anak - anak ini tumbuh dengan hiburan mall saja atau game2 di HP dll. Walau mereka gak tahu masalah yang membelit KBS tapi mereka senang sekali bisa mengenal banyak binatang yang gak bisa mereka lihat setiap hari ini. 
Melihat dengan mata kepala sendiri kondisi KBS sekarang sungguh sangat membuat hati miris sekali. Menurutku kalo memang pihak KBS gak sanggup mengatasi masalah ini alangkah baiknya jika hewan - hewan ini dilepaskan ke habitatnya saja. Daripada dibiarkan seperti ini. Atau jika memang dipertahankan sebaiknya benar2 di renovasi & setiap hewan dirawat dengan sebaik-baiknya dan selayak - layaknya. Mereka juga makhluk hidup yang punya hak untuk hidup layak. Aku sendiri gak keberatan kalau harus membayar mahal untuk masuk KBS, tapi dengan syarat kondisinya jauh lebih baik & tidak seperti ini. Daripada harus membayar murah 15.000 tapi justru melihat hewan - hewan yang tinggal menunggu ajal saja. Pemda atau siapapun yang berkepentingan tentang hal ini tolong lebih concern lagi donk. Kasihan hewan - hewan itu. Jangan melulu menyetujui pembangunan Mall yang sudah cukup muak ku lihat dimana - mana. Dan gak perlu muluk2 bikin Trans Studio ato Universal Studio di Surabaya. Ini dulu deh diperhatikan. Kelihatannya cukup simple tapi gak kelar - kelar masalahnya dari dulu. Kalau memang sudah gak sanggup mengelola tolong dilepasin ke habitatnya saja hewan - hewan ini. :'(
Segala yang dimuka bumi ini diciptakan untuk kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga segala sesuatu dari kerusakan, memanfaatkannya dengan tetap menjaga martabatnya sebagai ciptaan & Makhluk Tuhan. Kita juga harus melestarikannya sebisa mungkin, karena yang dengan demikian ini termasuk mensyukuri nikmat Tuhan dalam bentuk perbuatan nyata. 

"Tidak ada seekor binatang pun di muka bumi, tidak juga satu makhluk pun yang melayang dengan sayapnya, melainkan umat-umat (juga) seperti kalian. Tidak ada di antara mereka yang kami hapus dari al-Kitab. Kelak mereka semua akan berkumpul kembali kepada Tuhan mereka" (Q.S. al-An’am, 6:38).

Sebelum benar- benar pulang ini ada satu gambar lagi sebagai oleh - oleh terakhirku. Lengkaplah sudah & selamat menikmati.

Wassalamualaikum Wr Wb.

No comments:

Post a Comment